Pelatihan Penulisan Buku Profil Departemen/Prodi Di Lingkungan Fakultas Teknik Undip

industri.undip.ac.id-Semarang-Pada hari rabu dan kamis, 26-27 Oktober 2016 diadakan pelatihan penulisan buku profil. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan departemen yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Undip. Tujuannya agar tiap departemen mampu membuat buku profil masing-masing. Dengan buku profil itu akan mengenalkan identitas tiap departemen kepada masyarakat. Pelatihan ini dilakukan dengan pemaparan materi dan praktek penulisan yang dibimbing oleh Budi Sutedjo Dharma Oetomo dan Maria Herjani Sanusi.

dsc01693

Pelatihan diawali dengan menekankan pada nilai penting penulisan bagi departemen. Dengan penulisan buku profil ini mampu memberikan manfaat bagi pihak civitas dan mahasiswa serta masyarakat yang ingin mengenal departemen terkait. Hal inilah yang diharapkan menjadi motivasi seluruh peserta pelatihan.

Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dasar penulisan itu sendiri. Terdapat empat format dasar untuk penulisan yaitu penulisan fakta/berita, fitur, opini dan advertorial. Masing-masing format dasar ini memiliki ciri khas masing-masing. Selain dikenalkan mengenai kesesuaian antara isi dengan kebutuhan dan sasaran tulisan,

Pada hari pertama pelatihan diberikan materi dan praktek mengenai media komunikasi institusi, perancangan buku profil institusi, praktek perancangan sistematika penulisan. Kemudian juga diberikan materi penulisan fakta, feature, dan advertorial serta prakteknya.

Sedangkan pada hari kedua akan diberikan materi dan praktek mengenai pemilihan dan pembuatan foto, praktik pembuatan prototipe halaman buku profil, pencetakan dan distribusi buku profil dan rangkuman akhir.

Harapannya dengan pelatihan ini tiap departemen mampu menghasilkan buku profil yang menunjukkan identitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *