Fasilitas

Dalam rangka pencapaian visi misi Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro yaitu untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang industri, maka kami menyediakan fasilitas penunjang proses belajar mengajar. Fasilitas penunjang tersebut antara lain :

A. Ruang Kelas


Salah satu fasilitas penunjang utama kegiatan belajar mengajar adalah adanya ruang kelas. Teknik Industri Undip sendiri memiliki 5 ruang kelas di gedung Teknik Industri dan 2 ruang kelas di gedung RKB. Dimana di dalam ruang kelas tersebut sudah tersedia sarana prasarana belajar mengajar seperti kursi perkuliahan, papan tulis kaca, alat tulis, soundsystem, LCD projector, dan AC. Setiap ruang kelas memiliki kapasitas hingga 40 mahasiswa. Bahkan ruang kelas di gedung RKB mampu menampung hingg 80 mahasiswa. Dengan adanya sarana prasarana kelas tersebut dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang berkualitas.

B. Laboratorium
Laboratorium merupakan fasilitas pendidikan yang menyediakan peralatan dan bahan yang digunakan mahasiswa untuk melakukan simulasi & penerapan dari pengetahuan yang diajarkan. Sehingga harapannya mahasiswa akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Laboratorium yang ada di Program Studi Teknik Industri Undip antara lain :

  1. Laboratorium Sistem Produksi (LSP)
  2. Laboratorium Decision Support System (DSS)
  3. Laboratorium Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi (PSKE)
  4. Laboratorium Optimasi & Statistika Industri (OPSI)
  5. Laboratorium Studio Manajemen
  6. Laboratorium Perancangan Teknik Industri

 

C. Ruang Baca Teknik Industri


Ruang Baca Teknik Industri (RBTI) merupakan fasilitas yang disediakan Teknik Industri berupa perpustakaan. Di dalamnya terdapat berbagai buku yang diperlukan oleh mahasiswa Teknik Industri untuk menunjang proses pembelajaran. Buku-buku yang disediakan beragam, mulai dari referensi Tugas Akhir, bidang-bidang Teknik Industri yang beragam baik dari sumber dalam negeri maupun luar negeri. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, mahasiswa diwajibkan untuk membuat kartu anggota RBTI.

D. Mushola
Selain fasilitas penunjang pendidikan, Teknik Industri juga menyediakan mushola. Dengan adanya mushola ini mampu memfasilitasi mahasiswa dalam beribadah selama proses perkuliahan. Sehingga mahasiswa tidak akan kesulitan untuk beribadah ketika sudah tiba waktunya ibadah datang. Mushola ini terletak di lantai satu gedung Teknik Industri.

E. Kantin
Di gedung Teknik Industri juga terdapat kantin. Kantin ini menyediakan makanan yang sehat bagi mahasiswa Teknik Industri. Kantin teknik Industri terletak di lantai paling bawah. Selain sebagai tempat untuk makan, kantin sering digunakan untuk tempat belajar mahasiswa di luar jam perkuliahan karena sudah disediakan meja dan kursi panjang yang nyaman baik untuk makan maupun untuk belajar.

F. Parkir


Gedung Teknik Industri juga menyediakan fasilitas parkir bagi dosen-pegawai, mahasiswa, dan tamu. Di mana lapangan parkir ini mampu menampung cukup banyak kendaraan. Sehingga dengan adanya fasilitas parkir ini bisa membantu kemudahan dalam bermobilisasi.